You are here: Home - Blog - Error Update ClamAV Pada Ubuntu 15.10

Error Update ClamAV Pada Ubuntu 15.10

Posted by on December 15th, 2015 with 0 Comments

Setelah menginstall ClamAV pada Ubuntu 15.10 beberapa hari yg lalu, saya mendapatkan kendala dalam melakukan update main.cvd dan daily.cvd via terminal. Setiap melakukan update selalu muncul perintah error sebagai berikut :

/var/log/clamav/freshclam.log is locked by another process dan juga Problem with internal logger (UpdateLogFile = /var/log/clamav/freshclam.log).

Nah, untuk mengatasi hal tersebut saya akan berbagi sedikit tips. Silahkan masukkan perintah berikut ke dalam terminal. (Catatan : anda harus sudah masuk ke bagian root terlebih dahulu).

OK, langsung cekidot gan :

1. sudo /etc/init.d/clamav-freshclam stop

2. sudo freshclam -v

3. sudo /etc/init.d/clamav-freshclam start

Setelah mengetikkan perintah tersebut, silahkan exit dari terminal dan kemudian buka kembali halaman terminal yang baru dengan mengambilnya pada bagian panel (bisa juga dengan menahan tombol Ctrl+Alt+T secara bersamaan). Selanjutnya masuk ke bagian root dan silahkan ketikkan perintah berikut pada terminal: sudo freshclam.

Taraaaam…. ClamAV sudah bisa melakukan update lagi dengan lancar :D

Catatan penting : Lakukan update Ubuntu dengan mengetikkan perintah : sudo apt-get update. Lanjutkan dengan menghapus seluruh file sampah dengan mengetikkan perintah : sudo apt-get autoremove && sudo apt-get -y autoclean && sudo apt-get -y clean

Leave a Reply


5 − one =