You are here: Home - Blog - Antara Steve Jobs dan APPLE

Antara Steve Jobs dan APPLE

Posted by on October 8th, 2011 with 0 Comments

Steve Jobs, begitulah namanya dikenal oleh para kalangan pecinta teknologi informasi khususnya yang mengagumi dan menggunakan produk-produk Apple. Namanya sudah tidak asing lagi sejak ia menggebrak pasar bisnis komputer dengan memperkenalkan produk komputer Apple I pada tahun 1976. Produk Apple I merupakan komputer yang paling handal akan disain dan juga grafisnya pada masa itu. Komputer Apple I dirancang oleh Steve Jobs dan juga Steve Wozniak, sehingga membuat nama mereka berdua  melambung di kancah industri komputer dunia. Apple I inilah yang menjadi cikal bakal majunya Apple.Inc  sehingga terciptanya produk-produk Apple selanjutnya sampai saat ini.

Pada tahun 1977, Steve Jobs bersama Steve Wozniak merilis produk terbarunya yang diberi nama Apple II. Produk ini merupakan pengembangan dari produk komputer yang pernah diperkenalkan setahun sebelumnya. Selanjutnya, pada tahun 1983 mereka melanjutkan kreatifitasnya dengan mengembangkan Lisa, yaitu sebuah produk komputer komersial yang telah menerapkan Graphic User Interface (GUI). Dalam hal ini, mereka memperkenalkan icon di dalam sebuah komputer, windows dan juga kursor yang dikandalikan oleh sebuah mouse. Lisa inilah yang menjadi dasar pengembangan dari tampilan seluruh komputer pada masa kini.

Steve Jobs bersama Steve Wozniak kembali memperkenalkan produk teranyarnya pada tahun 1984 yang dikenal dengan nama Macintosh. Interfacenya tidak jauh berbeda dengan Lisa, namun yang mencolok dari Macintosh adalah proses operasi yang lebih cepat dengan harga yang terjangkau. Pengembangan Macintosh merupakan tonggak utama dari kemajuan dekstop publishing yang masih diterapkan pada seluruh komputer di muka bumi ini. Akhirnya para tahun 1985, Steve Jobs memilih hengkang dari Apple.Inc karena adanya perselisihan dengan beberapa eksekutif perusahaan tersebut yang tidak sejalan dengan pemikirannya dalam mengembangkan dan memasarkan produk-produk Apple.

Setelah Steve Jobs keluar dari Apple.Inc, pada tahun 1986 ia mendirikan studio animasi pixar. Pada tahun 1988, ia melanjutkan kretifitasnya dengan mendirikan NeXT Computer dengan inovasi baru tentunya. Dalam pengembangan produk komputer NeXT, Steve Jobs menerapkan web browser di dalam komputer tersebut. Inilah komputer pertama di dunia yang menjalankan web browser, sampai akhirnya softaware ini tetap berdiri kokoh dan digunakan di dalam setiap produk Apple seperti iPhone, iPad dan juga Macintosh. Menariknya, kesuksesan yang dicapai Steven Jobs dimulai pada tahun 1990, berawal dari industri film dan bukan dari industri komputer. Pixar, studio animasi kecil yang diakuisisi Jobs pada 1986, memulai debutnya setelah merilis film Toy Story pada 1995.

Pada tahun 1997, Steve Jobs memutuskan untuk kembali ke Apple.Inc sebagai CEO yang menahkodai perusahaan tersebut. Pada saat itu, perusahaan Apple sedang dalam kondisi terpuruk karena tidak mampu meraih laba dari hasil penjualan produk-produknya. Perusahaan Apple dinilai tidak sanggup dalam menghasilkan inovasi-inovasi menarik yang mampu menarik minat konsumen. Steve Jobs kembali mengemban tugas yang penuh dengan tantangan serta berusaha untuk mengembalikan kejayaan Apple.Inc menjadi perusahaan komputer raksasa.

Setahun menjabat sebagai CEO Apple.Inc, Steve Jobs langsung menggoyang pasar komputer dunia dengan memperkenalkan iMac pada tahun 1998 sebagai komputer dekstop yang menggunakan Machintos dengan desain yang sangat unik dan menarik. Sejak memperkenalkan produk Apple dengan bentuk yang berbeda tersebut, iMac berhasil menggetarkan Microsoft yang dominannya lebih mengarah dalam pengembangan windows operating system. Sejak saat itu, Apple menjadi salah satu perusahaan tangguh yang diperhitungkan oleh lawan utamanya Microsoft.

Beberapa tahun kemudian, Apple melalui Steve Jobs kembali memperkenalkan iPod pada tahun 2001 sebagai alat pemutar musik terbaru dan tercanggih Apple dengan menggunakan hard drive. Munculnya produk iPod ini berhasil menggebrak dunia teknologi dan menenggelamkan produk lainnya seperti Walkman dan juga Diskman yang saat ini itu sedang booming di pasar bisnis pemutar musik dunia. Produk iPod mampu merubah gaya hidup banyak orang dalam mendengarkan musik secara praktis. Hanya dengan membawa sebuah hard drive dengan berat yang cukup ringan dan dalamnya terdapat ratusan bahkan ribuan lagu, kita dapat mendengarkan musik di mana saja dan kapan saja.

Tidak hanya itu, pada tahun 2003 Steve Job yang menjadi punggawa Apple.Inc kembali memperkenalkan iTunes Store sebagai toko musik digital Apple yang di dalamnya terdapat kumpulan musik dari berbagai label terutama di negara Amerika Serikat. Munculnya iTunes membawa angin segar kepada para produser musik untuk menjual hasil karya seni anak bangsa sehingga dapat dihargai oleh semua orang. Tidak hanya di Amerika Serikat saja, musik dari berbagai manca negara juga bisa didapatkan secara praktis hanya melalui iTunes Apple Store.

Pada saat ini, begitu banyak pembajakan hasil karya seni musik hanya dengan mendownload secara bebas di internet, sehingga ini menjadi momok yang begitu besar dalam meraup penghasilan bagi para pencipta karya seni tersebut. Dengan adanya iTunes diharapkan mampu menekan angka pembajakan hasil karya musik di seluruh dunia. Hal tersebut telah terbukti dengan tingginya minat para pengguna iTunes untuk mendownload berbagai kumpulan lagu hits langsung dari Apple Store.

ITunes, sampai saat ini masih digunakan oleh jutaan orang sebagai aplikasi pemutar musik, pemutar video, Apple Store, radio dengan berbagai multi fungsi lainnya dalam mendukung perangkat Apple dan juga produk lainnya seperti windows. Dengan dirilisnya iTunes, Steve Jobs semakin mengokohkan posisinya sebagai CEO Apple.Inc yang berhasil mengembangkan perusahaan yang selama ini terpuruk menjadi semakin maju dan ditakuti para rivalnya terutama perusahaan Microsoft.

Pada tahun 2007, inovasi Apple di bawah kendali Steve Jobs mulai merambah bidang telekomunikasi dengan merilis iPhone sebagai salah satu perangkat telepon genggam pintar yang lebih dikenal dengan sebutan “smart phone”. Dengan memproduksi iPhone, Apple mencoba menggoyang posisi perusahaan ponsel lainnya seperti : Nokia, Sony dan juga  Samsung. Lahirnya iPhone merupakan strategi Steve Jobs dalam menguasai pangsa pasar dunia teknologi dan juga gadget di negara maju dan juga berkembang.

Selanjutnya pada tahun 2010, Steve Jobs tidak henti-hentinya berkarya sampai akhirnya Apple mengeluarkan produk komputer tablet yang diberi nama iPad. Kelahiran iPad semakin mengubah gaya hidup masyarakat dunia dalam menggunakan komputer secara praktis hanya dengan menggunakan layar sentuh dengan berat yang cukup ringan  dan dapat digunakan dengan mudah oleh semua orang. Bahkan lahirnya iPad menjadi tonggak utama lahirnya berbagai komputer tablet lainnya yang di gawangi oleh perusahaan software dan hardware lainnya seperti Samsung, Microsoft, Sony, Blackberry dan lain-lain dalam membuat komputer tablet dengan berbagai sistem operasi. Ternyata, produk iPhone dan juga iPad disambut dengan sangat antusias oleh berbagai kalangan masyarakat di berbagai negara. Apple mampu meraup keuntungan yang sangat besar sehingga semakin mengokohkan diri sebagai perusahaan teknologi raksasa yang ditakuti oleh perusahaan besar lainnya seperti Microsoft, Samsung, Google, Yahoo, Sony dan beberapa perusahaan besar lainnya.

Percaya atau tidak, perusahaan Apple memiliki nilai kekayaan melebihi kas dari negaranya sendiri yaitu Amerika Serikat. Menurut stasiun berita BBC, Apple.Inc pada tahun 2011 memiliki nilai kekayaan sebesar US$76,4 miliar. Sebaliknya, menurut Kementerian Keuangan AS, Washington hanya memiliki kas sebanyak US$73.7 miliar. Melimpahnya kekayaan Apple.Inc ini berkat lonjakan hasil penjualan saham, terutama pada penjualan dua produk yang laris manis dalam beberapa tahun terakhir, yaitu telepon pintar iPhone dan komputer tablet iPad. Berdasarkan laporan keuangan dalam tiga bulan terakhir, yang berakhir 25 Juni 2011, pendapatan bersih Apple 125 persen lebih besar dari perioden yang sama dari tahun lalu yaitu sebesar US$7,31 miliar (vivanews.com, 2011)

Kisah Steve Jobs, Steve Wozniak dan juga Apple, telah berhasil mengubah gaya hidup masyarakat dunia dengan menciptakan berbagai inovasi perangkat komputer dan juga gadget. Peran utama Steve Jobs memang sangat besar dalam melahirkan dan mengembangkan teknologi di manca negara sampai namanya selalu di perbincangkan oleh berbagai kalangan, termasuk di dalamnya para petinggi Google dan juga Microsoft yang menjadi musuh bebuyutan Apple.Inc dalam beberapa tahun belakangan ini. Hampir semua kalangan IT mengakui bahwa CEO Apple.Inc yang satu ini telah berhasil menjadi pemimpin yang baik, serta mampu menggawangi dan membangkitkan kejayaan sebuah perusahaan yang sedang terpuruk menjadi salah satu perusahaan yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Namun, beberapa hari yang lalu tepatnya pada hari Rabu tanggal 5 Oktober 2011 waktu Palo Alto,Calif, Amerika Serikat, Steve Jobs tutup usia dalam usia 56 tahun karena penyakit kanker pankreas yang dideritanya. Steve Jobs meninggal dunia setelah beberapa minggu sebelumnya ia menyerahkan tampuk kepemimpinan kepada rekannya Tim Cook. Pada saat itu, Tim Cook menjabat sebagai Chief Operation Office (COO) Apple.Inc dan dipercaya untuk melanjutkan tugas dalam memimpin perusahaan Apple. Steve Jobs mengundurkan diri bukan tanpa alasan, ia ingin berkonsentrasi penuh dalam menjalani proses pengobatan penyakitnya. Sehari setelah dirilisnya produk smart phone terbaru besutan Apple yang diberi nama dengan iPhone 4S, Steve Jobs mengembuskan nafas terakhirnya dengan meninggalkan kenangan dan kesuksesan terbesar dalam dunia IT.

Mantan Chairman of the Board  (CEO) Apple.Inc yang memiliki dengan nama lengkap Steven P. Jobs, merupakan seorang visioner yang mampu mengubah dunia dengan berbagai perangkat dari hasil inovasi dan pemikirannya guna membantu umat manusia dalam mengerjakan tugas sehari-hari menjadi lebih praktis melalui produk Apple. Setiap produk-produk yang dihasilkan Steve Jobs melalui Apple.Inc membuat beberapa lawan bisnisnya ketar-ketir. Bagaimana tidak, produk dari hasil inovasinya tersebut banyak diperbiincangkan di kalangan masyarakat seluruh dunia. Bahkan untuk mendapatkan produk terbaru Apple.Inc, para pecinta produk Apple harus rela mengantri sampai berjam-jam hanya untuk mendapatkan produk-produk tersebut walau harganya tergolong kelas premium.

Steve Jobs berhasil dengan baik dalam meyakinkan para konsumen terhadap kualitas dan kegunaan dari setiap produk-produk yang di hasilkan oleh Apple.Inc, sampai akhirnya beberapa CEO perusahaan IT lainnya menjulukinya sebagai CEO terbaik sepanjang sejarah. Sungguh, saya sangat merasakan kehilangan sosok Steven Jobs. Walau saya tidak mengenal dan bertemu langsung dengan sosok Steve Jobs, saya sangat menyukai hasil inovasi dari pemikirannya melalui Apple.Inc. Produk-produk Apple yang selama ini lahir dari buah pemikirannya akan menjadi ide bari para penerus perjuangannya dalam mengembangkan dunia IT. Semoga di masa yang akan datang akan lahir Steve Jobs Steve Jobs lainnya di dunia ini, yang mampu menciptakan inovasi dan juga kreatifitas terbaru agar teknologi menjadi semakin maju, sehingga dapat memberikan manfaat bagi seluruh umat manusia.

Selamat jalan Steve Jobs, you are a legend in information technology development. Kami akan selalu merindukanmu.

Note : Seluruh informasi dan juga foto, saya dapatkan dari hasil penelusuran di sini, sana dan sono.

//Jogja, 8 Oktober 2011

Leave a Reply


two + = 6